Jumat, 04 Oktober 2019

GRAFIKA KOMPUTER


GRAFIKA KOMPUTER

Assalamualaikum, sebelum membahas lebih jauh tentang Grafika Komputer, terlebih dahulu saya akan mohon maaf bila terdapat kesalahan pada penulisan atau pun bila saya lupa memasukkan beberapa source yang ada, tentu saja ada banyak kesalahan pada penulisan ini, dan jauh dari kata-kata sempurna, baik tanpa panjang lebar langsung saja kita bahas
Apa itu Grafika Komputer?
Grafika Komputer adalah bagian Ilmu komputer atau yang lebih disingkat ilmu (IT) yang tentu saja sangat berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Contoh hasil dari Grafika Komputer adalah teknologi gambar dua dimensi atau yang sering disingkat 2D yang kemudian bisa dikembangkan menjadi 3D, peranan ilmu Grafika Komputer sangat berperan penting pada karya-karya animasi, Grafika komputer sudah menunjukkan kemajuan yang cepat, berbagai software telah banyak dikembangkan yang tentu saja untuk membantu menghasilkan gambar dan beberapa efek teknologi didalam fitur aplikasi tersebut dapat lebih mudah digunakan, bahkan teknologi Modelling sudah sangat dikembangkan dengan sangat baik, efek yang dihasilkan nyaris sempurna, perkembangan teknologi komputer memberikan kemudahan penggunaan komputer ,sebagai alat bantu aplikasi grafik komputer interaktif.Pada pembuatan film layar lebar,ilmu Grafika Komputer banyak digunakan untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi, dan editing. Misalnya dalam proses Animation special effect, yang tentu saja sudah sangat maju pesat, bahkan kita sendiri akan sulit membedakan mana efek hasil dari teknologi komputer, mana efek yang bukan teknologi komputer, kemajuan Ilmu Grafika komputer tidak sebatas film saja atau efek visualisasi yang lain, di bidang Game sendiri misalnya, efek yang dihasilkan juga sangat realistis dan menampilkan efek yang hampir nyata, sehingga membuat konsumen sulit untuk bosan dari efek yang ditampilkan. dengan kemajuan yang ada proses Rendering pun lebih cepat, kualitas yang dihasilkan juga lebih baik ada beberapa ilmu yang berkaitan dengan Grafika Komputer sebut saja Pengolahan Citra, dan Pengenalan Pola.

Dari penjelasan diatas ada tiga tema yang perlu kita pahami dalam ilmu Grafika Komputer yaitu Modelling,Animation,Rendering yang sempat saya sebutkan diatas. Sebenarnya ada lagi tema-tema yang lain, saya rasa ketiga tema tersebut cukup mewakili baik langsung saja kita jelaskan apa ketiga tema tersebut

Modelling
Modelling adalah bagaimana langkah kita mempresentasikan sebuah objek 3D kedalam komputer sehingga objek yang kita ingin kan dapat terlihat nyata di mesin (dalam artian komputer)

Animation
Animation adalah mempresentasikan objek gambaran dan gerakan dari objek gambaran tersebut, bisa dengan manual, atau otomatis, Animation ini sangat penting sebab membuat gambar objek menjadi bergerak sehingga tampak lebih nyata dan hidup

Rendering
Rendering adalah  proses membangun gambar dari sebuah model, melalui program komputer, yaitu kita akan dipelajari proses Algoritma untuk struktur,detail yang merinci pada suatu objek, Jika sebuah adegan harus kelihatan nyata dan terprediksi dibawah cahaya virtual, perangkat lunak rendering-nya harus memecahkan persamaan rendering. Persamaan rendering tidak menghitung semua fenomena pencahayaan, tetapi hanya model pencahayaan umum untuk gambar komputer yang di kembangkan.


PENGOLAHAN CITRA


Apa itu Pengolahan Citra?
Pengolahan Citra adalah adalah sebuah pemrosesan yang dibantu dengan alat komputer, sehingga menghasilkan citra yang kualitasnya lebih baik dan sesuai dengan keinginan pemakai. Citra yang dimaksud adalah adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling. (Source.www.id.wikipedia.org) 
Pengolahan citra bertujuan memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau mesin (dalam hal ini komputer). Teknik-teknik pengolahan citra mentransformasikan citra ke citra yang lain. Jadi masukannya adalah citra dan keluarannya juga citra, namun citra keluaran atau hasil mempunyai kualitas lebih baik dari pada citra masukan. tentu saja peranan pengolahan citra sangat berperan penting dalam ilmu komputer, maupun untuk kehidupan.

PENGENALAN POLA

Apa itu Pengenalan Pola?
Pengenalan Pola adalah "tindakan mengambil data mentah dan bertindak berdasarkan Klasifikasi data". Dengan demikian, ia merupakan himpunan kaidah bagi pembelajaran diselia (supervised learning).
Ada beberapa definisi lain tentang pengenalan pola, di antaranya:
Penentuan suatu objek fisik atau kejadian ke dalam salah satu atau beberapa kategori.
Ilmu pengetahuan yang menitikberatkan pada deskripsi dan klasifikasi (pengenalan) dari suatu pengukuran.
Suatu pengenalan secara otomatis suatu bentuk, sifat, keadaan, kondisi, susunan tanpa keikutsertaan manusia secara aktif dalam proses pemutusan [source.www.id.wikipedia.org] 

Penegenalan Pola, juga dapat diartikan sebagai pengenalan  suatu objek,secara mendetail yang tentu saja dengan data-data dan kemiripan , didasarkan pada data yang sebelumnya sudah tercatat dalam komputer.

OBJEK PRIMITIF

Dari Pembahasan diatas tentu saja peranan Objek Primitif juga memiliki andil yang sangat penting sebagai dasar dari seluruh kerangka yang ada Objek Primitif adalah Bentuk dasar dari objek grafis yang dapat manipulasi oleh komputer. Ada beberapa hal mengapa objek primitif merupakan dasar dari objek grafis.
Titik.     
Titik merupakan objek primitif yang paling dasar

Garis
Garis adalah Objek Primitif yang mempertemukan dua titik, sehingga membentuk sebuah Garis

Bangun 2D
Bangun 2D adalah objek Primitif gabungan, Titik dan Garis sehingga dapat menghasilkan 
sebuah bentuk seperti segitiga yang mempertemukan tiga Titik pusat sehingga Garis dapatdibentuk  menjadi  segitiga,adapun tekhnik lain seperti Persegi,Lingkaran dan lain-lain semua dapat dibentuk  dengan  Objek Primitif yang paling dasar yaitu Titik.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OBJEK PRIMITIF

1. Apa itu Objek Primitif?   Objek primitif adalah bentuk dasar dari grafis, semisal : Titik (dot), Merupakan objek yang paling...